Posted by : MentorKita Kamis, 25 Agustus 2016

Key Word : Garis lurus terbaik, Grafik, Pencocokan kurva, Metode Visual, Metode titik sentroid, Metode bagi dua, Metode garis sumbu, Regresi linear.

            Metode menentukan garis lurus terbaik dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Perkembangan dari setiap metode pencocokan kurva merupakan penyempurnaan dari metode sebelumnya, dengan mempertimbangkan nilai error yang lebih kecil dari metode sebelumnya, sampai ditemukannya metode secara statistika yaitu regresi linear yang memiliki nilai error terkecil dari metode-metode klasik (Baca juga : Regresi linear). Berikut adalah perkembangan metode klasik menentukan garis lurus terbaik :

               1.      Metode Visual

Metode visual adalah metude pencocokan kurva berdasarkan penglihatan visual mata manusia. Metode visual sangat mudah dilakukan karena hanya mengandalkan persepsi mata manusia, dengann metode visual suatu sebaran titik dapat ditentukan garis lurus terbaiknya hanya dengan melihatnya dengan mata kemudian membuat garis lurus berdasarkan perkiraan pengamat saja.

Metode ini sangat mudah dilakukan tapi sangat lemah untuk dijadikan suatu reverensi penelitian. Nilai error pada metode ini sangat besar karena hanya menggunakan perkiraan dari mata manusia tanpa memperhitungkan apa pun.

               2.      Metode Bagi-dua

Metode bagi dua merupakan pengembangan dari metode visual. Metode dagi dua dilakukan dengan menghitung jumlah data diatas dan dibawah garis lurus yang dibentuk sehingga garis lurus yang dibentuk dianggap lebih mewakili setiap titik data dibandingkan metode visual. Teapi pada metode ini juga masih memiliki nilai error yang sangat besar karena yang diperhitungkan hanya jumlah titik data yang dibagi garis lurus saja dantidak mempertimbangkan nilai penyimpangannya.
  


Gambar 1. Contoh metode dagi dua dengan jumlah data genap dan ganjil

               3.      Metode Titik Sentroid

Metode titik sentroid merupakan metode yang menggunakan nilai rata-rata sebaran titik data untuk membentuk garis lurus terbaik. Cara menggunakan metode ini adalah : pertama mencari nilai rata-rata di sumbu x dan y untuk setiap titik data dan titik (x,y) tersebut dibebut sebagai titik sentroid atau titik pusat, kemudian membuat garis lurus sembarang yang melalui titik sentroid tersebut dan garis lurus tersebut diputar dengan pusat sumbu di titik sentroid hingga garis dianggap paling mewakili setiap sebaran data berdasarkan penglihatan pengamat.
 
Metode ini dinilai lebih baik dari metode visual dan bagi dua. Titik sentroid merupakan nilai rata-rata setiap titik data yang dianggap mewakili setiap titik data secara matematis, sedangkan pada metode sebelumnya tidak memiliki perhitungan matematis yang membuktikan bahwa acuan garis lurus mewakili sebaran data yang dibentuknya.
  


Gambar 2. Contoh penggunaan metode titik sentroid

Walaupun lebih sempurna dari metode sebelumnya tetapi nilai error pada metode ini juga masih besar. Dalam metode ini yang diperhitungkan hanya titik acuan pembuatan garis, tetapi posisi putar garis lurus sendiri masih ditentukan oleh persepsi mata pengamat serta belum memperhitungkan nilai penyimpangan dari setiap titik data.


               4.      Metode Garis Sumbu

Metode garis sumbu dikembangkan dari metode bagi dua. Metode ini dilakukan dengan membagi dua titik data secara nilai penyimpangannya, sehingga metode ini dinilai metode yang hampir sempurna untuk menentukan garis lurus terbaik. Garis lurus yang dibentuk akan sanggup mewakili setiap sebaran data dan memiliki nilai error yang terukur.

Cara menggunakan metode ini adalah dengan membuat garis lurus diantara titik-titik data dengan mengusahakan jumlah nilai simpangan antara titik yang berada diatas dan dibawah garis sama besar. Kelemahan utama dari metode garis sumbu ini adalah tidak ada acuan awal bagaimana menentukan garis lurus sehingga sulit diaplikasikan. Prinsip dari metode ini menjadi dasar perumusan menentukan garis lurus menggunakan metode kuadrat terkecil (baca juga : Penurunan rumus mekucil).




Gambar 3. Contoh penggunaan metode garis sumbu



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -