Posted by : MentorKita Senin, 01 Agustus 2016

Key Word : Al-Quran, Hafal, Amalan Memudahkan Hafal, Do’a, Niat, Tips



Dalam menghafal Al-Qur'an, kunci kesuksesan selain menggunakan metode menghafal yang baik (Baca jugametode mudah menghafal), kita juga harus mengerti betul tentang prinsip pokok menghafal Al-Qur'an dan bagaimana agar menghafal Al-Qur'an itu menjadi sebuah keasyikan dan bukan menjadi beban. Berikut adalah hal yang harus dilakukan agar menghafal Al-Quran menjadi kebiasaan dan diringankan.

         1. Melureskan Niat

Sesungguhkan niat ini menjadi sangat penting. Karena setap amal kita ditentukan oleh niatnya. Ketika kita menghafal Al-Quran hendaknya kita luruskan niat kita, sehingga ketika muncul pertanyaan untuk apa kita menghafal Al-Qur'an? Maka jawablah hati ucapan dan tindakan kita akan menjawab dengan untuk Allah yang maha menjaga.

         2. Memperbanyak Do’a

Do’a merupakan senjata terkuat orang mumin. Doa dapat merubah suatu takdir, maka marilah kita senantiasa berdoa semoga Allah karuniai kita kemudahan dan kelancaran dalam menghafal Al-Qur'an. Sehingga takdirkita dapat berubah menjadi orang yang dimudahkan hafal Al-Quran dan diberikan taufiknya

        3. Mengetahui fadhilah menghfal Al-Quran

Sangat yakin, bahwa tanpa mengetahui fadhilahnya, maka proses menghafal akan menjadi sangat kering dan tanpa semangat. Kata ust Yusuf Mansur, Membaca dan menghafal Al-Qur'an itu ibarat membangun gunung emas. Setiap huruf yang dibaca, akan masuk ke dalam kantong-kantong kita yang nilainya bahkan lebih besar dari gunung itu sendiri. Subhanallah.

          4. Memiliki target hafalan

Dalam menghafal Al-Quran, kita harus memiliki target yang jelas. Dengan adanya target maka akan membuat kita tetap menghafal walaupun dalam keadaan malas. Umumnya, Para penghafal Al-Quran memiliki targer 1 hari 1 halaman, sehingga seluruh ayat dalam Al-Quran akan dihafal sekitar 2-3 tahun.

          5. Melakukan amalan-amalan unggulan

Untuk mendapatkan keberkahan dan cintanya Allah, kita perlu menambahkan dengan amal-amal unggulan (puasa, tahajud, sedekah) sehingga dimudahkan untuk menghafal Al-Qur'an.

Dengan melakukan seluruh langkah diatas mudah-mudahan proses menghafal kita semua akan dimudahkan dan diberikan keutamaan penghafal Al-Quran oleh Allah yang maha pengasih.

 Allahu’alam 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -