Posted by : MentorKita Sabtu, 27 Agustus 2016

Key Word : Do’a, Waktu Mustajab, Adab, Suci, Sholawat, Asmaulhusna, Mengulang Do’a.



Dalam berdo’a ada beberapa adab yang harus dilakukan suhingga do’a kita akan diterima oleh Allah yang maha pemurah. Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya’ Ulumuddin menjelaskan adab-adab yang dalam memanjatkan Do’a :

         1.      Dalam keadaan suci

Meminta atau berdo’a pa dzat yang Maha Suci, tentu akan jauh lebih baik dalam keadaan suci dari hadas besa dan hadas kecil.

“Sesungguhnya aku tidak suka berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla kecuali dalam keadaan suci”. Atau beliau mengatakan, “kecuali dengan bersuci.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad. Al-Syaikh Al-Albani berkata hadist ini shahih)

         2.      Dilakukan pada waktu yang mulia

Di antara waktu yang mustajab adalah hari Arafah, Ramadhan, sore hari Jumat, dan waktu sahur atau sepertiga malam terakhir. (Baca Lebih lanjut di : Waktu mustajab do’a)

         3.      Dilakukan dalam keadaan yang khidmat / Khusyu

Khusyu dan tidak tergesa-gesa merupakan syarat dikabulkannya sebuah do’a. sebagaimana dijelaskan dalam hadis.

dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian berdoa kepada Allah maka berdoalah kepada-Nya dengan penuh keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan. Sesungguhnya, Allah tidaklah mengabulkan doa seorang hamba, yang dipanjatkan dari hati yang lalai.”

          4.      Dimulai dengan memiji Allah dan Sholawat nabi Muhammad

Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.”
(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani)

          5.      Memulai dengan syahadat dan memohon ampun pada Allah

Syahadat merupakan kalimat yang paling sempurna dan paling agung di seluruh dunia, sehingga akan lebih baik jika do’a diawali dengan kalimat syahadat

          6.      Memulai dengan memohon ampunan Allah

Salah satu yang menghalangi terkabulnya do’a adalah dosa-dosa yang dilakukan manusia, sehingga lebih baik jika memulai doa dengann do’a taubat, semoga dosa kita akan diampuni dan do’a kita akan diijabah. (Baca lenih lanjut di : Penghalang terkabulnya do’a)

          7.      Menggunakan suara yang lembut

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
(QS. Al-A’raf: 55)

          8.      Menghadap kiblat

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam.
(HR. Muslim)
          9.      Mengangkat tangan

Dari Salman radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).
(HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan beliau hasankan)

Cara mengangkat tangan:

Ibnu Abbas radhiallahu’anhu mengatakan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berdoa, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya dan mengangkatnya setinggi wajahnya (wajah menghadap telapak tangan).
(HR. Thabrani)

          10.  Bertawasul dengan nama-nama Allah yang mulia

Asmaulhusna merupakan nama-nama Allah yang mulia, perintah untuk berdo’a menggunakan asmaulhusna disampaikan oleh Allah dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 180

Hanya milik Allah asmaulhusna, maka memohonlah kepada-Nya dengan asmaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran nama-nama-Nya (QS Al-A’raf : 180)

          11.  Mengulang-ngulang Do’a

Ibn Mas’ud mengatakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau berdoa, beliau mengulangi tiga kali. Dan apabila beliau meminta kepada Allah, beliau mengulangi tiga kali.
(HR. Muslim)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -