Posted by : MentorKita Kamis, 18 Agustus 2016

Key Word : Metode pencocokan kurva, Metode kuadrat terkecil (Mekucil), regresi linear, Garis lurus terbaik, Sebaran data, sesatan.



Regresi linear atau metode kuadrat terkecil adalah salah satu metode untuk menentukan garis lurus terbaik dari sebaran data yang memiliki atau dibentuk memiliki kecenderungan mendekati garis lurus atau persamaan linear. Metode ini dianggap sebagai metode terbaik dengan nilai penyimpangan terkecil jika dibandingkan dengan metode-metode lainnya (Baca juga : Metode Klasik Metode Pencocokan Kurva), karena metode kuadrat terkecil memperhitungkan aspek penyimpangan atau sesatan secara persamaan statistika.

Suatu persamaan linear akan memenuhu :

y =  ax + b

      Dengan x dan y merupakan variabel bebas, sedangkan a dan b merupakan parameter. Jika kita mempunyai sekumpulan data pasangan (x,y), dan data tersebut digambarkan dalam bentuk grafik linear, maka akan diperoleh suatu garis lurus.

      Dengan menganggap bahwa x memiliki sesatan yang lebih kecil dari pada sesatan pada y, maka garis lurus terbaik dapat diperoleh berdasarkan metode kuadrat terkecil (regresi terhadap y). Nilai a terbaik dituliskan dengan notasi at sedangkan nilai b terbaik dituliskan dengan notasi bt  dengan menggunakan persamaan :
   

  
(Baca lebih lanjut : Penuruna Persamaan at dan bt)
Contok kasus :

Jiaka data hasil penelitian memiliki kecenderungan garis lurus seperti di bawah :




Untuk menghasilkan garis lurus terbaik menggunakan metode kuadrat terkecil, maka kita harus menghitung nilai at dan bt, sehingga dihasilkan fungsi garis lurus f(x)



Selanjutnya plot grafik pada sebaran data sehingga dihasilkan :




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -