Posted by : MentorKita Rabu, 17 Agustus 2016

Key Word : Pengolahan Sebaran Data, Garis Lurus Terbaik, Metode Visual, Metode Bagi Dua, Metode Titik sentroid, Metode Garis Sumbu, Metode Regresi Linear, Metode Kuadrat Terkecil.

Dalam sebuah percobaan atau eksperimen, setiap pengamat akan memiliki data yang merupakan informasi hasil percobaannya. Dalam dunia sains dan teknik, umumnya data ini berupa besaran yang dilambangkan dengan angka. Data dalam sebuah eksperimen biasanya memiliki sebaran tertentu yang tidak tepat membentuk suatu pola, baik itu garis lurus, polinom atau eksponensial, tetapi akan mendekati pola tertentu dan memiliki nilai penyimpangan atau sesatan, salah satu penyebab penyimpangan ini adalah ketidak pastian dalam pengukuran (Baca juga : Ketidakpastian Pengukuran).

Pengamatan dan analisa dari data hasil eksperimen akan mudah dilakukan setelah data disajikan dengan metode tertentu. Metode penyajian data umumnya dilakukan menggunakan table diagram atau grafik, sehingga data akan dapat dianalisa dari kecenderungan pola yang dibentuk dari sebarannya.

Pada posting kali ini saya akan membahas metode penyajian data dengan menggunakan grafik untuk sebaran dengan kecenderungan membentuk garis lurus. untuk menyajikan data dalam bentuk grafik, harus diketahui terlebih dahulu  kecenderungan dari plot titik data tersebut di grafik, apakah membentuk kecenderungan garis lurus, eksponensial atau pola lainnya, sehingga metode pengolahannya disesuaikan dengan kecenderungannya.


Gambar 1. Contoh kecenderungan sebaran data linear dan kuadratik

Dalam mengolah data yang memiliki kecenderungan garis lurus yang memenuhu persamaan y = ax + b demana a dan b adalah tetapan x dan y adalah variabel bebas. Maka data tersebut dapat diolah dengan metode-betode dibawah ini :

1.      Metode visual
2.      Metode bagi dua
3.      Metode titik sentroid
4.      Metode garis sumbu (Baca lebih lanjut di : Metode pencocokan kurva klasik)
5.      Metode regresi linear (Baca lebih lanjut di : Metode Kuadrat Terkecil)


Urutan nomer dari metode-metode diatas merupakan urutan metode yang paling sederhana dan disempurnakan oleh metode pada nomer berikutnya. Metode visual yang hanya menggunakan kemampuan persepsi mata manusia disempurnakan dengan metode bagi dua yang mempertimbangkan jumlah data diatas dan dibawah garis lurus, metode bagi dua disempurnakan dengan metode titik sentroid yang ditambahkan pusat penentuan garis lurus yaitu dari nilai rata-rata sebaran data, kemudaian disempurnakan lagi dengan metode titik sumbu yang mempertimbangkan nilai ereo atau penyimpangannya, dan pada akhirnya semua metode dirangkum oleh persamaan statistika metode regresi linear atau disebut juga kuadrat terkecil.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -