Posted by : MentorKita Kamis, 18 Agustus 2016

Key Word : Kebangkitan Islam, Akhlak, Akidah, Khilafah

Nama  Penulis : Bella Dinar Lestari



Apakah kalian tahu bahwa dulu Islam pernah berjaya? Apakah kalian tahu bahwa dua pertiga dunia, dulu adalah milik kita? Apakah kalian tahu bahwa Islam bediri selama 13 abad?

Semuanya berawal pada saat Rasulullah mendirikan Daulah Khilafah di Madinah dan membebaskan kota-kota di wilayah Arab. Lalu setelah Rasulullah s.a.w. wafat, di lanjutkan pada masa kekhalifahan dan wilayah islam semakin meluas hingga menaungi dua pertiga bagian dunia. Dari peradaban ini lahir generasi-generasi yang cemerlang, terbukti dengan banyaknya para ilmuan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Seperti, pada bidang kedokteran ada Ibnu Sina, matematika ada Khawarizmi, kimia ada Jabir Ibn Hayyan, optik ada Ibn Haytham, penemu konsep robotika ada Al-Jazari, Astronmi ada Al-Battani, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu hanya sebagian kecil dari kegemilangan Islam, yang dari sana terlihat bagaimana Islam mampu mencetak orang-orang yang tangguh dan cerdas dengan berlandaskan aqidah islam yang mereka pegang.  Selain itu, Islam juga unggul dalam hal ekonomi. Bahkan pernah terjadi pada masa Khalifah Umar Abdul Azis (717-720 M) tidak ada kemiskinan yang mengakibatkan tidak adanya masyarakat yang layak menerima zakat, sehingga uang zakat digunakan untuk membebaskan budak di Eropa.

Kita mengenal Sultan Muhammad II atau yang sering disebut Sultan Muhammad Al-Fatih yang merupakan Sultan Turki Usmani ke-7. Pada usianya yang baru menginjak tahun ke 21, Muhammad Al-Fatih mampu membuktikan bisyarah Rasulullah, keyakinan terhadap bisyarah tersebut sudah cukup untuk menaklukan konstantinopel yang terkenal dengan temboknya yang terbentang seluas 7,5 Km yang selama 1123 tahun tidak tertaklukan, yang menjadi batas antara impian dan kenyataan bagi umat muslim dan batas antara bisyarah Rasulullah Muhammad s.a.w.. Bahkan disebutkan pula, bahwa yang berhasil menaklukan Konstantinopel adalah pemimpin yang terbaik dan pasukan yang terbaik, dengan persenjataan yang terbaik dan strategi perang yang tidak dapat di tebak oleh musuh. Sosok Muhammad Al-Fatih tentu bukan orang yang sembarangan, pada usia 12 tahun Muhammad Al-Fatih diangkat menjadi Sultan, pada usia 16 tahun sudah menguasai 8 bahasa, dan sejak baligh hingga meninggal tidak pernah meninggalkan shalat Rawatib dan Tahajjud.

Kejadian di atas bukan cerita dongeng, tatapi merupakan sejarah kegemilangan umat Islam. Islam berjaya bersama orang-orang yang  melaksanaakan tugasnya sesuai dengan syariat islam. Segala perbuatan diniatkan hanya untuk mendapatkan Ridho Allah. Kemenangan yang diraih ternyata bukan hanya karena kemampuan dan keseriusan mereka yang luar biasa, tetapi mereka juga menyadari bahwa semua tidak akan terwujud tanpa izin dan bantuan dari Allah. Maka dari itu mereka selalu memposisikan diri sebagai hamba Allah yang setiap perbuatannya terikat pada hukum syara.

Zaman dulu dengan Islam mereka menampakkan keagungan, zaman sekarang dengan Islam yang sama apa yang kita tampakkan?

Kebangkitan yang hakiki harus di mulai dari aqidahnya yaitu aqidah Islam, karana dengan aqidah itu akan terbentuk pemikiran ideologis. Islam dapat bangkit kembali jika diemban sebagai ideologi sebagaimana halnya Amerika bangkit dengan ideologi kapitalisme atau Uni soviet bangkit dengan ideologi komunisme. Karena itu kita sebagai seorang Muslim tentu akan memilih Islam sebagai satu-satunya pilihan untuk bangkit. Bisyarah Rasulullah s.a.w telah menginspirasi Muhammad Al-Fatih dalam membebaskan Konstantinopel. Sekarang ada di depan kita, kebangkitan Islam yang terakhir yaitu bisyarah Rasulullah yang menjanjikan tegaknya Islam kembali. Kebangkitan hanya dapat diraih oleh orang-orang yang terbaik yang Allah kehendaki. Jika Allah mau, Allah bisa mengganti kita dengan orang-orang yang lebih baik, dengan orang yang lebih mencintai Allah dan Allahpun mencintainya, dengan orang-orang yang banyak menginfaqkan hartanya di jalan Allah, tidak peduli berapa lama kita berjuang dan berapa banyak materi yang kita keluarkan. Jadi, sekarang jawabannya terdapat pada diri kita sendiri. Apakah kita mau untuk melayakkan diri menjadi umat yang terbaik, yang sesuai dengan apa yang Allah katakan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran Ayat 110 dan mewujudkan bisyarah Rasulullah dengan bangkitnya Islam kembali.

Allahualam

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -