Posted by : MentorKita Kamis, 25 Agustus 2016

Key Word : Do’a, Ijabah, Waktu Mustajab, Sepertiga Malam


Berdo’a merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah yang maha pemurah. Dalam melakukan do’a terdapat waktu-waktu khusus yang memiliki keutamaan jika seorang hamba berdo’a pada Rab-Nya. Berikut adalah waktu-waktu khusus yang memiliki keutamaan apabila kita berdo’a di dalamnya :

           1.      Sepertiga malam terakhir

Sepertiga malam terakhir atau waktu sahur merupakan waktu yang sangat utama untuk berdo’a. dalam sebuah hadis Allah yang maha pemurah telah berjanji akan mengabulkan setiap do’a yang dipanjatkan pada waktu ini, serta akan mengampuni setiap dosa bagi orang yang memohon ampun pada waktu sepertiga malam terakhir ini.  Berikut adalah hadis riwayat bukhari dan muslim yang menceritakan hal tersebut :

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni" (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

           2.      Waktu antara adzan dan ikomah

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”
(Sunan Abu Daud, kitab Shalat 1/144 No. 521. Sunan At-Tirmidzi, bab Jamiud Da’waat 13/87. Sunan Al-Baihaqi, kitab Shalat 1/410. Dishahihkan oleh Al-Albani, kitab Tamamul Minnah hal. 139)

           3.      Waktu sujud dalam shalat

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan". (Shahih Muslim, kitab Shalat bab Nahi An Qiratul Qur’an fi Ruku’ wa Sujud 2/48)

           4.      Waktu ketika turun hujan

Dari 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha "Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hujan, beliau berdoa: ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'A (Ya Allah, -jadikan hujan ini- hujan yang membawa manfaat atau kebaikan." (HR. Bukhari)

           5.      Waktu setelah shalat

Dari Abu Umamah, dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. at-Tirmidzi)

           6.      Hari jumat (antara dua khutbah)

Kemudian beliau bersabda: "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut" (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu).

           7.      Hari arafah

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda yang artinya :“Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah” (HR. At Tirmidzi).






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -