Posted by : MentorKita Minggu, 07 Agustus 2016

Key Word : Bahan Magnet, Ferromagnetic, Suseptibilitas, Temperatur Curie, Momen magnet.



Feromagnetik  merupakan bahan yang memiliki nilai suseptibilitas magnetik positif, yang sangat tinggi. Dalam bahan ini sejumlah kecil medan magnetik luar dapat menyebabkan derajat penyearahan yang tinggi pada momen dipol magnetik atomnya. Dalam beberapa kasus, penyearahan ini dapat bertahan sekalipun Medan pemagnetannnya telah hilang. Ini terjadi karena momen dipol magnetik atom dari bahan- bahan feromagnetik ini mengerahkan gaya- gaya yang kuat pada atom tetangganya sehingga dalam daerah ruang yang sempit momen ini disearahkan satu sama lain sekalipun medan luarnya tidak ada lagi. Daerah ruang tempat momen dipol magnetik disearahkan ini disebut daerah magnetik. Dalam daerah ini, semua momen magnetik disearahkan, tetapi arah penyearahannya beragam dari daerah ke daerah sehingga momen magnetik total dari kepingan mikroskopik bahan feromagnetik ini adalah nol dalam keadaan normal.
Pada temperatur tertentu bahan feromagnetik akan berubah menjadi bahan paramagnetik, temperatur transisi ini dinamakan temperatur curie. Diatas temperatur curie orientasi momen magnetik akan menjadi acak, dan suseptibilitas magnetiknya diberikan oleh persamaan:
Dimana C adalah tetapan Curie dan Tf adalah temperatur Curie. Persamaan 2.14 merupakan hukum Curie- Weiss, besar tetapan Curie adalah



Gambar 7.Grafik hubungan antara
magnetik c  terhadap temperatur T pada bahan feromagnetik

Feromagnetik memiliki momen magnetik permanen tanpa adanya medan magnet yang diberikan dari luar. Feromagnetik teletak pada logam transisi, diantaranya adalah Fe, Co, Ni serta pada logam tanah jarang (rare earth) seperti Nd, dan Gd. Suseptibilitas magnetnya dapat mencapai 106.



Gambar 8. Konfigurasi dipol magnet tanpa medan luar pada bahan ferromagnetik

Magnetisasi maksimum atau magnetisasi jenuh (saturation magnetization) Ms dari bahan feromagnetik mepresentasikan besarnya magnetisasi yang dihasilkan oleh  dwikutub magnetik yang secara keseluruhan sejajar dengan medan dari luar serta akan berhubungan dengan besarnya kerapatan fluks (Bs). Magnetisasi jenuh Ms adalah perkalian antara momen magnetik netto tiap atom dengan jumlah atom yang ada [2].


Gambar 9. Susunan momen dipol magnet akibat medan magnet dari luar dan kurva 1/χ vs T

Bahan Magnetik yang bersifat Feromagnetik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
·         Bahan yang mempunyai resultan medan magnetis atomis besar.
·         Tetap bersifat magnetik  sangat baik sebagai magnet permanen (Baca juga : magnet permanen).
·         Jika solenoida diisi bahan ini akan dihasilkan induksi magnetik sangat besar (bisa ribuan kali).Permeabilitas bahan ini: μ > μo.

Contoh Bahan Feromagnetik



           
Semoga bermanfaat dan silahkan baca juga klasifikasi bahan magnet lainnya .



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -