Posted by : MentorKita Jumat, 02 September 2016

Key Word: Hardisk, Nanoteknologi, Partikel, FePt, Magnetisasi, Magnet Permanen, Penimpan Data.

Hard Disk Drive (HDD) atau biasa dikenal dengan harddisk saja adalah sebuah media penyimpanan sekunder pada sebuah komputer [1].sebagai media penyimpanan data, kapasitas memori menjadi hal yang sangat penting dalam fungsinya. Ukuran dari divais harddisk juga menjadi hal yang patut diperhatikan dalam kaitannya dengan kepraktisan dalam pemasangan dan penempatan divais. Nanoteknologi atau nanosains adalah ilmu engetahuan dan teknologi pada skala nanometer, atau sepermilyar meter [2]. teknologi nano dapat meningkatkan fungsional suatu material, sehingga penggunaan teknologi nano digunakan pada berbagai bidang aplikasi dan salah satunya adalah aplikasi penyimpanan data untuk menghasilkan kapasitas memori yang besar dengan ukuran divais yang kecil [3]. dalam media penyimpanan data berbasis magnet nanopartikel FePt memiliki potensi yang besar untuk diaplikasikan karena memiliki ukuran partikel dibawah 20 nm dan memiliki titik remanen.

Seiring kebutuhan akan teknologi informasi, kebutuhan akan divais elektronik juga perlu dikembangkan. Perkembangan dan kemajuan diatas diperoleh dari kemampuan memanfaatkan komputer dan devais elektronik yang setiap tahunnya mengalami peningkatan kinerja [4]. Media penyimpanan data merupakan salah satu kunci dalam dunia teknologi informasi [5]. Meskipun harddisk disebut sebagai media penyimpanan sekunder namun pada kenyataannya fungsinya adalah sangat penting bahkan tidak bisa ditinggalkan lagi untuk kebutuhan sebuah komputer. Hal tersebut sangat jelas mengingat kebutuhan akan software berupa program maupun aplikasinya, serta data yang diolah membutuhkan media penyimpanan yang sangat besar, yang tidak cukup hanya ditampung oleh sebuah media penyimpanan utama berupa ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Sebagai salah satu media penyimpanan sekunder, selain memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang sangat besar, yaitu dalam ukuran Giga Byte (GB), harddisk juga memiliki kelebihan lain diantaranya adalah kecepatan akses, baik dalam membaca maupun menulis data, serta ketahanannya dalam menyimpan data secara fisik untuk jangka waktu yang cukup lama [1], harddisk juga harus memiliki ukuran yang mudah untuk dibawa dan disimpan dalam prangkat komputer. Peningkatan kapasitas memori dapat dilakukan dengan meningkatkan ukuran harddisk, tetapi ini akan menurunkan kemudahan dalam penggunaan harddisk yang berkaitan dengan pembawaan divais dan penempatan harddisk pada perangkat komputer.

Salah satu cara perkembangan adalah menurunnya ukuran titik data hingga ukuran nanometer [4], dengan harapan  harddisk memiliki memori yang besar dengan ukuran divais yang kecil sehingga secara fungsional harddisk akan sanggup menampung data yang banyak dan secara ukuran, harddisk mudah dibawa dan ditepatkan dalam perangkat komputer. Hal ini juga pernah disampaikan oleh  Richard Feynman dalam ceramahnya yang berjudul “There is plenty room at the bottom” pada tahun 1959, yang menyatakan bahwa kita mungkin akan menulis seluruh ensiklopedia britanian pada sebuah pin jika ukuran penanya memiliki ukuran yang sangat kecil [6].

Titk data yang berukuran nanometer dapat dicapai jika alat writer dan reader berukuran nano dan material penyusun piringan harddisk berukuran nano. Dalam paper ini akan dijabarkan mengenai material penyusun piringan harddisk berukuran nano.

Salah satu kandidat yang menjanjikan sebagai media penyimpanan data berbasis magnetic dengan densitas titik data yang besar adalah FePt. Campuran Fe memiliki presentasi penyusun Fe dan Pt yang relatif sama yaitu Fe dan Pt pada temperature yang rendah dalam struktur kimianya memiliki fasa face-centered cubic (fcc) yang acak, ini mengindikasikan bahwa salah satu unit cell fcc telah berubah, baik itu Fe atau Pt. seperti ditunjukan oleh gambar1.


Gambar 1. Struktur Kristal FePt [7].

Weller et al. (1992) telah menghitung bahwa FePt sebagai media penyimpanan data yang stabil terhadap suhu ketika memiliki ukuran partikel 3 nm. Untuk mendukung kemampuan emori yang sanggup mencapai 1 Tb/in2 dan lebih besar lagi, rata-rata dari ukuran partikel FePt harus kurang dari 4 nm [8]. Melihat karakteristik nanopartikel FePt memiliki karakteristik yang berpotensi besar untuk media penyimpanan data berbasis magnet sehingga akan dibahas mengenai nanopartikel FePt [7].

Daftar Pustaka :
[1]   Wahyudi. Eko Nur, 2005, Mengenal Harddisk Lebih Dekat, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume X, No.3, September 2005 : 168-177, ISSN : 0854-9524.
[2]   Poli. Mario E, 2006, Karya Ilmiah : Teknologi Masa Depan “nanoteknologi”, manado : Universitas Sam Ratulangi.
[3]   Wu. Yihong, Nano Spintronic for Data Storage, Encyclopedia of Nano Science and Nanotechnology.
[4]   Abdullah. Mikrajuddin, 2012, Pengantar Nanoteknologi, Bandung : Institut Teknologi Bandung.
[5]   Eleftheriou, et.al, 2003, A Nanotechnology-based Approach to Data Storage, Proceedings of the 29th VLDB Conference, Berlin, Germany.
[6]   R.P. Feynman. 1960, There’s Plenty of Room at the Bottom: An Invitation to Enter a New Field of Physics. Caltech’s Engineering and Science, XXIII (5).
[7]   Natalie A. Frey and Shouheng Sun, Magnetic Nanoparticle for Information Storage Applications.

[8]   Piramanayagam, S.N. and Srinivasan, K. 2009. Recording media research for future hard disk drives. Journal of Magnetism and Magnetic Materials 321: 485–494.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MentorKita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -